oleh

24 Desa di Ogan Ilir Bakal Gelar Pilkades Serentak Tahap II, Berikut Nama-namanya!

Ilustrasi pemungutan suara pada Pilkades. (istimewa)
Laporan Wartawan : Kaka Kertapati / Indralaya, Ogan Ilir

TRIBUNPOS.COM, INDRALAYA — Setelah sukses menggelar pesta demokrasi pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada Oktober 2016 lalu. Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir kembali bakal melaksanakan perhelatan serupa tahap II Nopember 2018 mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Ogan Ilir Trisnopilhaq mengatakan, tahun ini merupakan yang kedua kalinya Pilkades serentak. Sebelumnya tahun 2016 lalu, 171 desa sukses melaksanakan Pilkades serentak. Pada tahap II ini akan diikuti peserta dari 24 desa di 13 kecamatan.

“InsyaAllah tahun ini kita akan gelar pilkades serentak tahap II, tepatnya pada Nopember mendatang,” kata Trisnopilhaq kepada wartawan Tribunpos.com, Jumat (3/8/2018) kemarin di ruang kerjanya.


Trisnopilhaq, Kepala Dinas PMD Pemkab Ogan Ilir

Trisno menerangkan, 24 desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak tahap II ini tersebar di 13 Kecamatan, dengan mayoritas masa jabatan kepala desa sudah habis.

“Sebanyak 24 desa sudah positif peserta Pilkades serentak, karena sudah di Perbup kan nama nama desanya. Memang masih ada 5 desa lagi yang masa jabatan kepala desa berakhir 1 Januari 2019, kalau dimungkinkan akan diikutkan menjadi peserta Pilkades serentak Nopember mendatang. Kan jaraknya hanya 2 bulan saja,” terangnya.

Berdasarkan data yang diperoleh Tribunpos.com bersumber dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Ogan Ilir berikut ini, nama-nama desa dari 13 kecamatan yang bakal melaksanakan pesta demokrasi.

Kecamatan Indralaya, terdiri dari Desa Tanjung Agung (Kades Iskandar), Desa Ulak Banding (Pjs Kades Nirmala) dan Desa Ulak Segelung (Kades Muhammad).

Kemudian, Kecamatan Indralaya Utara, terdiri dari Desa Parit (Pjs Kades Devid Herianto) dan Desa Lorok (Kades Muhaimin).

Lalu, Kecamatan Indralaya Selatan, hanya ada satu desa, yakni Desa Mandi Angin (Pjs Kades Asmawi).

Selanjutnya, Kecamatan Tanjung Batu, terdiri dari Desa Sentul (Pjs Kades Aminullah), Desa Tanjung Batu Petai (Pjs Kades Muhammad Alfian), Desa Seri Bandung (Pjs Kades Asmuni) dan DesaTanjung Pinang I (Pjs Kades Mukri).

Sementara itu di Kecamatan Payaraman dan Lubuk Keliat hanya satu desa peserta Pilkades serentak, yakni masing-masing Desa Talang Seleman (Pjs Kades Basyarruddin) dan Desa Talang Tengah Darat (Pjs Kades Suroso).

Selanjutnya, Kecamatan Muara Kuang, terdiri dari Desa Kelampadu (Pjs Kades Rominzi) dan Desa Kuang Anyar (Kades Mukminin).

Di Kecamatan Kandis terdapat dua desa yang bakal melaksanakan pesta demokrasi pilkades serentak, yakni Desa Kandis I (Pjs Kades Yurliah) dan Desa Muara Kumbang (Pjs Kades Firmansyah).

Seperti halnya di Kecamatan Payaraman dan Lubuk Keliat, ternyata jumlah desa di Kecamatan Rantau Alai, Rantau Panjang, Sungai Pinang, Tanjung Raja, Pemulutan Selatan dan Pemulutan induk yang menggelar pesta demokrasi Pilkades sebanyak masing-masing hanya satu desa.

Yakni, Desa Sukamaju (Kecamatan Rantau Alai – Pjs Kades Aswadi), Desa Kota Daro II (Kecamatan Rantau Panjang – Kades Indah), Desa Talang Dukun (Kecamatan Sungai Pinang – Kades Rohimin), Desa Talang Balai Baru I (Kecamatan Tanjung Raja – Pjs Kades Fajri), Desa Segayam (Kecamatan Pemulutan Selatan – Kades Bakri) dan Desa Aurstanding (Pemulutan).

Terakhir, Kecamatan Pemulutan Barat, sebanyak dua desa yang melaksanakan pesta demokrasi pada nopember mendatang, yakni Desa Seri Banding dan Suka Merindu (Pjs Kades Triana Astuti). (Tribunpos)

Editor : Sandi Pusaka Herman

Komentar

Headline