oleh

Satgas TMMD Bertempur Bangun Cerucuk

TRIBUNPOS OGAN ILIR , SUMSEL – Pelaksanaan TMMD ke-108 Kodim 0402/OKI-OI, Satgas TMMD dibantu masyarakat Desa Pulau Negara dan Sarang Lang Kecamatan Pemulutan di bawah komando Dan SSK TMMD Kapten Inf. Muhtar dan Anggota Satgas masih bertempur dengan pekerjaan fisik hari ini Rabu (8/7/20).

Kapten Inf. Muhtar terlihat dengan serius mengawasi satgas TMMD yang sedang melaksanakan pekerjaan membuat pasangan cerucuk penahan longsor dalam rangka penimbunan jalan sepanjang 1800 meter dengan lebar jalan 7 meter di salah satu sungai yang dilewati badan jalan yang baru saja dibuka yang menghubungkan Desa Pulau Negara dengan Desa Sarang Elang Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir. Kontrol terhadap pekerjaan yang dilakukan Kapten Inf. Muhtar, sehingga target capaian kerja dapat terpenuhi dengan harapan pekerjaan ini dapat selesai sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.


Kemudian Kapten Inf. Muhtar juga mengawasi pekerjaan fisik yang dilakukan oleh Satgas TMMD seperti pemasangan cerucuk penahan longsor dan pelebaran jalan. Cerucuk merupakan istilah pada ilmu konstruksi bangunan yaitu pondasi yang didesain untuk membangun di atas kondisi tanah yang kurang mendukung dengan kondisi tanah yang kurang stabil dimana elevasi muka air tanah cukup tinggi.

Pondasi cerucuk menancapkan kayu sebagai daya dukung tanah dengan diameter 8 -15 cm, hampir sama dengan prinsip pondasi pancang. Itulah yang dilaksanakan oleh satgas TMMD 108 dalam menahan tanah agar tidak tergerus oleh air, karena kondisi tanah merupakan rawa.


Dengan cara seperti ini akan membuat jalan memiliki masa pakai maksimal lama untuk mencegah terjadinya longsor pada badan jalan yang dibuat dan melintasi sungai serta menghindari longsor pada bibir sungai yang apabila biarkan akan membuat sungai meluap pada saat hujan dan akan merusak badan jalan yang telah dibuat.
Luar biasa, yang dilakukan satgas TMMD bersama masyarakat Desa Desa Pulau Negara dan Sarang Lang, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir.

Wartawan : Beta Aroni/ Edi Susanto

Editor : Yolawati

Komentar

News Feed