oleh

Polsek dan Koramil Bojonegara Bersama Warga Kali Asin Gotong Royong Bersihkan Sungai Penyebab Banjir

-Banten, Serang-77 views

SERANG-TRIBUNPOS.COM | Jajaran Polsek dan Koramil Wilayah Bojonegara terus melakukan gotong royong bersama warga untuk membersikan sejumlah sungai yang mengalami penyempitan penyebab banjir di wilayah tersebut, Selasa (28/1/20).

Kapolsek Bojonegara AKP Tri Sutrisno SH mengatakan, keberadaan bangunan di tepi atau bantaran Kali Asin yang menjadi kendala dilakukannya normalisasi oleh PT.SMI/ PT.BAM Group untuk mencegah banjir di wilayah Kampung Pasar.


“Saat banjir, jajaran kita Polsek bersama Koramil Bojonegara sudah ikut melakukan gotong royong bersama warga. Terkait adanya bangunan-bangunan di tepian Kali itu sudah kita lakukan pendekatan persuasif berupa himbauan ke warga. Namun untuk penertiban bangunan tersebut, kewenangannya ada di ranah Pemkab Serang,” katanya.

Menurut warga, sejak adanya normalisasi sungai, titik-titik lokasi banjir berkurang. Hanya tersisa di beberapa titik saja yang masih terjadi banjir seperti di Kampung Pasar, Desa Bojonegara dan Kampung Solor, Desa Margagiri.

“Kampung Solor Utara, di PT.Sankyu dan Kampung Pasar masih banjir,” kata Abdul Aziz warga Bojonegara.

Sebelumnya, Manajemen PT. SMI/ BAM Group, Herry Defjan mengatakan, meski perusahaannya sudah berupaya responsif untuk mencegah terjadinya banjir susulan dengan melakukan normalisasi kali. Namun hal itu dirasa belum maksimal karena adanya kendala di lapangan.

“SMI / BAM Group sudah melaksanakan bantuan untuk normalisasi Kali Klancip atau Gedong, sehingga meminimalisir terjadinya banjir seperti yang terjadi sebelumnya.

Untuk normalisasi Kali Asin atau Kali Pasar belum bisa kita laksanakan karena terkendala banyaknya bangunan ditepian Kali,” ujar Herry.

Untuk itu, pihaknya berharap keterlibatan semua perusahaan yang berada di wilayah Kecamatan Bojonegara, agar ikut berpartisiasi melakukan pembenahan sarana infrastruktur yang dianggap menjadi faktor penyebab banjr.

“Kita berharap sesuai hasil rapat dengan Bupati, semua perusahaan yang ada di Bojonegara dapat membantu perbaikan infrastruktur untuk mencegah banjir,” tandasnya. [RED]

Penulis: Badia Sinaga

Komentar

News Feed