oleh

Pengamat Sosial: Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Pemkot Cilegon Harus Objektif

-Banten, Cilegon-249 views

CILEGON, TRIBUNPOS.COM | Berbagai elemen masyarakat dorong Pemkot Cilegon agar mengutamakan putra daerah dalam seleksi jabatan pimpinan tinggi (JPT) yang akan menduduki 5 jabatan kososng kepala dinas di Pemkot Cilegon yang sudah memasuki tahap penilaian akhir. Kali ini, pengamat sosial yang juga praktisi hukum Kota Cilegon Juli Tresno Aji, turut menanggapi hal tersebut.

Menurut Juli, dorongan masyarakat tersebut sah-sah saja. Namun demikian, jangan pula mengabaikan objektifitasnya.


“Saya melihat bahwa apa yang dilakukan sebagian elemen masyarakat  yang meminta Walikota Cilegon untuk memilih putra daerah dalam lelang atau Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di Lingkungan Pemkot Cilegon itu sah-sah saja, tetapi kita harus melihat dari sisi objektif tidak boleh subjektif dong ujarnya,” kepada Tribunpos, Kamis (19/12/19).

Juli mengaku, dirinya sebagai profesional dalam kapasitas pengamat serta warga masyarakat Cilegon tentu berharap agar OPD dipimpin oleh pemimpin yang mumpuni. Proses seleksi telah dilakukan dan penilaian akhir seleksi telah diumumkan.

“Kita sama-sama bisa melihat nama-nama yang muncul,” kata dia.

Sebagai masyarakat Cilegon, lanjut Juli, mestinya coba mencari tahu tentang background pendidikan dan track record mereka selama menjadi ASN di Pemerintah Daerah Kota Cilegon.

“Background pendidikannya sangat penting, kita ambil contoh 2 OPD Dinas Perhubungan dan Dinas pendidikan. Kita harus ingat hadits riwayat Bukhari nomor 6015, “Jika urusan diserahkan bukan kepada ahlinya, maka tunggulah kehancuran itu,” pungkasnya.

Diketahui saat ini, 5 OPD yang sudah dilakukan lelang jabatan JTP Pratama, sudah keluar pengumuman peringkat Penilaian Akhir Seleksi Terbuka dari Pansel, dengan Surat bernomor: 480/27/PANSEL/XII/2019, yang isinya sebagai berikut:

Kepala Dinas Pendidikan dengan peringkat nilai kandidat:

1.Ismatullah

2.AH Junaedi

3.Lia Nurlia Mahatma

Kepala Dinas Perhubungan dengan peringkat nilai kandidat:

1.Sofan Maksudi

2.Sulelah

3.Uteng Dedi Apendi

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dengan peringkat nilai kandidat:

1.Luhut Malau

2.Tunggul Fernando simanjuntak

3.Wilastri Rahayu

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, dengan peringkat nilai kandidat:

1.Hayati Nufus

2.Meisuri

3.Tarto Wahyudi

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, dengan peringkat nilai kandidat:

1.TB. Dendi Rudiatna

2.Mariano Correia D C

3.Ridwan [*]

Penulis: Badia Sinaga

Komentar

Headline