oleh

Optimis Capai Target, BP-Jamsostek Perkuat Perisai Sebagai Langkah Jitu

SERANG, TRIBUNPOS.COM | Tahun 2020 BP-Jamsostek menargetkan 110 ribu peserta baru untuk kategori BPU (bukan penerima upah).

Didin Haryono Kepala Cabang BP-Jamsostek Cabang Serang mengatakan bahwa target kita tahun ini untuk BPU kita harus mengakuisisi 110 ribu orang dan itu harus tenaga kerja baru, ujarnya.


“Dengan target 110 ribu orang sebenarnya tone over nya tinggi karena jika di awal 110 ribu maka akhir tahun harus 110 ribu, BPU itu eport nya tinggi meski BPU potensinya banyak, namun kita juga bingung bagaimana caranya, ” ungkap Didin saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (16/01/2020).

Ditegaskan Didin, kita tetap optimis untuk pencapaian target walaupun terkesan tidak ada kenaikan yang signifikan karena tidak ada yang mengikat.

“Salah satu langkah atau upaya kita dalam pencapaian target yakni melalui pendekatan terhadap wadah, lembaga atau komunitas, bahkan pemerintah daerah dengan terus melakukan sosialisasi dan edukasi tentang BPU, baik untuk guru ngaji, guru madrasah, marbot, pedagang, petani, ojek, maupun tenaga honorer di pemerintahan atau tenaga PHL (pekerja harian lepas),” jelasnya.

Masih kata Kacab, masalahnya kan peserta harus bayar sendiri, meski memang iurannya kecil, namun peserta masih banyak yang keluar masuk dengan besaran iuran Rp.16.800,- per bulan itu untuk jaminan kecelakaan kerja (JKK) dan jaminan kematian (JKM) dengan perolehan manfaat berdasarkan PP no. 82 tahun 2019 bahwa besar manfaat yang diberikan Jaminan santunan kematian dari Rp. 24 juta menjadi Rp. 42 juta ditambah beasiswa untuk dua orang anak, dan jika terjadi kecelakaan kerja kita cover semua pembiayaan rumah sakit dengan pelayanan kelas 1 di seluruh rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan kita, paparnya.

Selain itu sambung Didin, kita juga membentuk jaringan Perisai, kita akan terus perkuat Perisai untuk bisa membantu mempermudah pendaftaran dan pelayanan baik informasi maupun administrasi, tambahnya.

“Idealnya kita bisa memiliki perisai di setiap Kecamatan, sehingga semakin dekat dengan masyarakat dan semakin mempermudah masyarakat, ” tandasnya. (RED)

Penulis: Taty

Komentar

News Feed