oleh

Danamon Grup & Yayasan Danamon Peduli, Remajakan Sarana Publik di Hutan Kota Serang

KOTA SERANG, TRIBUNPOS.COM | Yayasan Danamon Peduli (Danamon Peduli) bekerja sama dengan keluarga besar Danamon dan Adira Finance menggelar kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan yang pada pelaksanaannya diadakan di semua jaringan kantor wilayah/cabang Danamon dan anak perusahaannya di seluruh Indonesia, Sabtu 21 Desember 2019.

Khusus Danamon dan Adira wilayah Kota Serang, kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan meliputi perbaikan sarana dan prasarana pendukung untuk Hutan Taman Kota Serang, Provinsi Banten berupa perbaikan aula dan toilet umum serta pengadaan sarana kebersihan dan pengelolaan sampah organik (kompos).


Serah terima bantuan dilakukan oleh Branch Corporate Officer Danamon Area Serang-Cilegon, Ibu Elis Yulianty dan diterima oleh Walikota Serang yang diwakili H.Edinata sukarya Kepala Dinas Pertanian beserta jajarannya.

“Melalui kegiatan Peduli Lingkungan, Danamon dan Danamon Peduli ingin berkontribusi untuk menjadikan Hutan Kota Serang sebagai ruang terbuka publik yang layak,” kata Elis Yulianty.

“Untuk pengelolaan sampah organik menjadi kompos dengan memanfaatkan sampah dedaunan di hutan kota ini kami bekerja sama Dinas Lingkungan Hidup dan komunitas bonsai binaan Dinas Pertamanan yang sudah cukup lama berkegiatan di Hutan Kota Serang,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Manager Program Yayasan Danamon Peduli, Agus Triwahyuono mengatakan, sebagai salah satu mitra kerja pemerintah dalam pelaksanaan SDGs, Danamon Peduli terus aktif dalam upaya perbaikan kualitas lingkungan dan kemasyarakatan di seluruh wilayah operasional Danamon dan anak perusahaan di Indonesia.

“Peningkatan kualitas lingkungan yang baik selaras dengan pondasi Sustainable Finance, keuangan yang berkelanjutan yang saat ini sedang dibangun oleh Danamon,” kata Agus Triwahyuono.

“Melalui kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan, Danamon Peduli bersama Danamon dan Adira Finance mengajak masyarakat yang ada di wilayah kerja untuk lebih peduli dan beraksi nyata untuk menjawab berbagai tantangan sosial di masing-masing wilayahnya,” tutupnya.

Diketahui, Yayasan Danamon Peduli resmi dibentuk oleh PT Bank Danamon Indonesia Tbk dan PT Adira Dinamika Multifinance, Tbk. pada 17 Februari 2006. Program-program Yayasan Danamon Peduli bertujuan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan yang bermanfaat langsung pada masyarakat dan melibatkan relawan dari lingkungan keluarga besar Danamon. Dalam kiprahnya, Danamon Peduli secara konsisten berperan sebagai mitra pembangunan dengan programprogramnya yang inovatif dengan tujuan berkontribusi pada prioritas pembangunan serta berkelanjutan dan dapat dikembangkan oleh berbagai pihak lain.

Sejak tahun 2010, Danamon Peduli menjalankan program Pasar Sejahtera sebagai investasi sosial perusahaan dengan fokus pelaksanaan pada empat komponen kegiatan, yaitu: (1) Peningkatan kondisi fisik pasar; (2) Intervensi perubahan perilaku; (3) Peningkatan komitmen pemerintah; dan (4) Peningkatan dukungan masyarakat. Hingga saat ini, terdapat 12 pasar percontohan Pasar Sejahtera, yaitu Pasar Ibuh-Payakumbuh di Sumatera Barat, Pasar Tejoagung Metro di Lampung, Pasar Sindangkasih-Majalengka di Jawa Barat, Pasar Bunder-Sragen di Jawa Tengah, Pasar GrogolanPekalongan di Jawa Tengah, Pasar Karangwaru-Yogyakarta, Pasar Rejowinangun-Kota Magelang, Pasar Baru-Kota Probolinggo dan Pasar Semampir Kabupaten Probolinggo di Jawa Timur, Pasar Dasan Agung-Kota Mataram, Pasar Kemuning-Pontianak di Kalimantan Barat, dan Pasar Lambocca Bantaeng di Sulawesi Selatan. Dari jumlah tersebut, tiga pasar dampingan telah meraih sertifikasi SNI 8152: 2015-Pasar Rakyat dan sebagian besar telah diserahterimakan kepada pemerintah setempat.

Selain melalui kegiatan Pasar Sejahtera dan Peduli Lingkungan ini, Danamon Peduli mewujudkan misi melalui program Cepat Tanggap Bencana, Danamon Peduli bekerja sama dengan para relawan dari karyawan Danamon dan Adira menyalurkan bantuan cepat kepada masyarakat yang terkena bencana selain juga melakukan beberapa kegiatan edukasi masyarakat dalam upaya mencegah dan memitigasi dampak bencana.

Tentang Bank Danamon

PT Bank Danamon Indonesia Tbk yang berdiri sejak 1956, per 30 Juni 2018 mengelola aset sebesar Rp182,4 triliun bersama anak perusahaannya, yaitu PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. (Adira Finance) dan PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance).

Bank Danamon didukung oleh 1.395 jaringan kantor cabang konvensional, unit Syariah dan kantor cabang anak perusahaannya serta jaringan ATM Danamon, ATM Bersama, PRIMA dan ALTO yang tersebar di 34 provinsi. Selain jaringan fisik, layanan Danamon juga dapat diakses melalui Danamon Online Banking, aplikasi D-Bank, D-Card, serta SMS Banking.

Bank Danamon merupakan satu-satunya penerbit kartu debit, kartu ATM dan Kartu Kredit Manchester United di Indonesia serta penerbit kartu kredit American Express. Dengan beragam produk keuangan seperti Danamon Lebih, FlexiMax, Tabungan Bisa iB, Dana Pinter 50, KAB Bisa, dan Asuransi Primajaga, Danamon siap melayani kebutuhan nasabah dari berbagai segmen.

Bank Danamon meraih peringkat kedua secara keseluruhan pada ajang Banking Service Excellence Award 2018 yang diselenggarakan oleh Infobank dalam kategori perbankan konvensional dan Syariah. Pada ajang yang sama, Bank Danamon meraih penghargaan sebagai “The Most Consistent Bank in Service Excellence.”

Dalam skala internasional, Bank Danamon meraih peringkat pertama di Euromoney Private Banking and Wealth Management Survey 2018 dalam kategori Philanthropic Advice. Untuk teknologi informasi, Bank Danamon meraih Financial Insights Innovation Awards 2018 sebagai Asia’s Leader in Innovation Capability Management dari IDC Financial Insights. [*red]

Penulis: Risdu Arini

Komentar

News Feed