oleh

2 Tahun Sudah CSR Indonesia Power Jalankan Program Kurangi ODGJ di Pulo Merak

CILEGON, TRIBUNPOS.COM | Salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Indonesia Power unit Pembangkit Suralaya adalah membuat gerekan untuk mengurangi ODGJ (Orang dalam Gangguan Jiwa) yang saat ini masih banyak di Wilayah Kecamatan Pulomerak Kota Cilegon.

Program kegiatan ini sudah berjalan selama kurun waktu 2 tahun, pelaksanaan teknisnya PT Indonesia Power bekerja sama dengan Puskesmas Pulomerak dan Pihak Muspika Kecamatan Pulomerak.

Hal ini disampaikan oleh Humas PT Indonesia Power, Afrizal, saat silahturahmi dengan PWI Kota Cilegon di The Royal Krakatau Cilegon, Senin (16/12/10).

“ODGJ yang kami amati disetiap tahun jumlahnya bertambah, kami berkerja sama dengan Puskesmas Pulomerak, Kelurahan Suralaya, Muspika Kecamatan Pulomerak, serta Dinas Kesehatan Kota Cilegon,” ungkap Afrizal.

Afrizal menjelaskan, dalam pengobatan ODGJ tersebut pihaknya menyediakan terapi dari Dokter Spesialis. Secara medis mungkin ada yang tidak bisa sembuh secara sempurna.

“Tapi dari hasil program pengobatan kepada bagi penderita ODGJ secara fisik maupun mental sudah terbangun. Bahkan ada yang sudah dapat menghasilkan ide secara kreatif,” jelasnya.

“Harapan kami kegiatan ini berlangsung berkesinambungan, kalau bisa meluas sampai wilayah Kota Cilegon,” harapnya.

Untuk diketahui, terkait upaya mengurangi jumlah ODGJ telantar, Kemenkes telah menekankan pada Standar Pelayanan Minimal (SPM). Ada 12 indikator,  salah satunya adalah setiap ODGJ berat mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai standar.

Tak hanya SPM, di level puskesmas, pelayanan ODGJ telah masuk ke dalam indikator Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PISPK), antara lain gangguan jiwa berat tidak ditelantarkan. [*]

Penulis: Badia Sinaga

Komentar

News Feed