oleh

Ikut Muscab, Advokat Peradi Palembang Protes Harus Bayar Rp150 Ribu

Laporan: Syaiful Jabrig/ Wartawan Tribunpos Palembang, Sumsel

PALEMBANG,TRIBUNPOS|Polemik jelang Musyawah Cabang (Muscab) DPC Peradi Kota Palembang, kembali terjadi. Setelah kemarin, para advokat mempertanyakan perpanjangan waktu pendaftaran bursa calon ketua, kini para  advokat kembali mempertanyakan biaya pendaftaran untuk mengikuti Muscab sebesar Rp150.000,-


Menurut Edi Siswanto, Wakil Sekretaris DPC Peradi Kota Palembang, dalam Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (AD ART) Peradi, tidak ada namanya biaya untuk pendaftaran Muscab.

“Jadi ini hal baru dan aneh. SC (panitia) menetapkan anggota Peradi yang ingin menggunakan suaranya harus membayar Rp150.000. Ini yang kita protes,”ungkap Edi Siswanto kepada awak media, Senin (12/10).

“Muscab ini kewajiban DPC. Logonya tidak boleh bayar, ini bertentangan dengan AD ART,” ungkapnya.

Keputusan SC ini menurutnya tidak mematuhi AD/RT Peradi, dan sebagaian anggota tidak mau membayar dan tetap akan menggunakan suaranya.

“Kita sangat menyesalkan, terkait protes yang kita sampaikan,”terangnya.

Hal yang sama disampaikan H. Yusmaheri SH selaku Penasehat DPC Peradi Kota Palembang, terkait biaya pendaftaran agar bisa menggunakan suaranya pada Muscab.

“Diaturan panitia itu bayar, seharusnya tidak bayar. Kelihatannya ada intrik – intrik dari salah satu calon,” ungkap Yusmaheri.

“Kita akan melaporkan dugaan pelanggaran AD ART ini ke DPN,” tegasnya.

Sementara ketika dikonfirmasi Ketua SC Muscab Peradi, Bambang Haryanto di Kantor DPC Peradi Sukabangun, Palembang, membenarkan bila ada uang pendaftaran Rp150 ribu untuk anggota Peradi menjadi peserta Muscab.

“Ini setelah melalui persetujuan dalam rapat SC,” ungkapnya.

Biaya Rp150.000 itu menurut Bambang merupakan hal yang wajar, karena Peradi ini merupakan organisasi profesi yang dibiayai anggota.

“Dalam setiap acara, hal yang wajar jika dibiaya oleh anggota, dan ini tidak ada persoalan, dan kita juga telah berkomunikasi ke DPN karena ini keputusan rapat,” terangnya.

Dirinya menyakini adanya biaya pendaftaran tidak akan menurunkan partisipan anggota.

“Semua akan ikuti partisipasi dalam Muscab Peradi ke-4 ini, hampir 350 yang telah mendaftar,” tandanya. (red/iful)

Editor Berita: Sandi Pusaka Herman Timur

Komentar

Headline